Rabu, 14 Januari 2015

Mandi Keramba Lebih Baik Dari Mandi Semprot, Masak Sih ?

Sama seperti manusia kegiatan mandi sangat bermanfaat untuk burung kicauan. Mandi dapat membuat burung merasa segar kembali setelah seharian beraktifitas terutama berkicau. Bulu bulu burungpun akan terlihat lebih rapi jika rutin melakukan mandi serta jemur tentunya.

Mandipun bisa menjadi sarana terapi untuk burung kicauan terutama yang mengalami macet bunyi. Mandi malam salah satunya. Mandi malam dipercaya memberi efek positif bagi burung jenis kacer, murai batu, cucak jenggot, cucak hijau maupun keluarga anis seperti anis merah, anis kembang, anis cendana, anis macan, dll.

Keramba mandipun memiliki bentuk, kualitas dan tentunya harga yang beragam.

Kita semua tahu bawa banyak cara untuk memandikan burung kesayangan kita. Ada yang menggunakan keramba mandi, semprotan, memandikannya seperti memandikan perkutut (dengan menangkapnya kemudian memandikan dengan tangan seperti memandikan bayi) ataupun dengan membiarkannya mandi dalam bak kecil yang dimasukkan ke dalam sangkar. Malah terkadang ada burung yang jarang dimandikan atau merasa kurang puas setelah dimadikan oleh perawat malah mandi di dalam cepuk air minumnya. Itu juga salah satu indikasi bahwa mandi sangatlah penting bagi burung kicauan.

Namun jika kita ingin mencari cara mandi yang paling baik untuk burung kicauan maka itu kembali lagi pada karakter burung itu sendiri. Karena ada burung yang suka mandi keramba, mandi semprot, mandi seperti perkutut maupun yang tidak suka mandipun ada. Hehehe.

Lalu mengapa pada judul tulisan ini mengatakan bahwa mandi keramba lebih baik daripada mandi semprot ? Hal ini mengacu pada pemikiran bahwa kita belum tentu tau kondisi fisik maupun psikis yang sedang dialami burung kicauan. Banyak burung dikenal ahli dalam menyembunyikan kondisi fisik maupun psikisnya. Bukankah banyak burung yang mati mendadak padahal sebelumnya terlihat sehat sehat saja bahkan sebagian baru saja di dengar berkicau oleh pemilik lalu mati tanpa sebab.

membiarkan burung bebas memilih untuk mandi atau tidak sangat bermanfaat bagi burung itu sendiri.

Berdasar pengalaman itulah maka saya lebih menyarankan mandi keramba ataupun mandi di dalam cepuk mandi yang disediakan dalam sangkar. Dengan begitu burung bisa bebas memilih ingin atau tidaknya dia mandi jadi kita tinggal memasukkannya ke dalam keramba mandi ataupun memberikan cepuk mandi ke dalam sangkar selanjutnya mandi atau tidaknya merupakan pilihan tersendiri burung tersebut.

Membiarkan burung mandi dalam keramba juga bisa menghemat waktu juga tenaga anda. Jika anda memiliki burung hanya 2 sampai 4 ekor saja sih tidak akan menjadi masalah yang berarti ketika memandikan burung dengan cara apapun termasuk mandi semprot. Tapi coba bayangkan jika anda memiliki 20 ekor burung kicauan atu bahkan lebih. Apa mata anda tidak berkunang kunang untuk sekedar memandikannya saja ? Hehehe

Jika satu burung perlu waktu mandi sekitar 5 menit (jika burung dimandikan sampai cukup basah) maka untuk memandikan 20 burung anda perlu waktu 100 menit hampir 2 jam bukan ? Belum lagi waktu untuk membersihkan sangkar, menganti air minum dan makan serta pakan tambahan (EF). Itu bahkan perlu waktu lebih dari 2 jam. Ingat itu belum termasuk menjemurnya lho. Hehehe


Memandikan burung dalam keramba sangat membantu jika anda memilik burunng dalam jumlah banyak.

Nah jika kita memandikan burung dengan keramba anggaplah kita harus membeli minimal 10 keramba namun jika anda dari keluarga yang mampu maka beli saja sekalian 20 keramba atau sesuai jumlah burung maka waktu andapun akan lebih efektif. Saya menganjurkan membeli lebih banyak keramba meskipun tidak sekaligus dengan asumsi anggaplah mengeluarkan uang 1 juta untuk beli keramba tapi bukankah penggunaannya bisa bertahun tahun jika digunakan dengan baik ? Apa uang 1 juta bisa membeli waktu lebih yang diperlukan jika menggunakan mandi semprot apalagi jika anda termasuk penghobi yang rajin memandikan burung kicauan anda ? Hehehe.

Jika menggunakan keramba kita tinggal memasukan burung ke dalam kerambanya masing2. Rasanya 15 menit cukup untuk memasukkan burung ke dalam keramba. Biarkan burung mandi selama 45 menit dan selama burung mandi anda bisa membersihkan sangkar, mengganti air minum dan makan juga EF nya.

Jadi dengan waktu 1 jam anda sudah beres memandikan burung dan menyediakan EF. 15 menit lagi digunakan untuk memasukkan kembali burung yang sudah selesai mandi kembali ke dalam sangkar hariannya. Jika penjemurannya 45 menit maka tepat 2 jam anda susah beres mengurusi burung burung kesayangan anda. Coba bandingkan dengan mandi semprot, bahkan anda belum selesai memberi makan dan mengganti air minum burung burung anda. Jadi masih hutang penjemurannya. Hehhe

Itulah sedikit alasan kenapa saya mengatakan mandi keramba lebih baik dari mandi semprot. Memang setiap burung memiliki karakter yang berbeda beda begitu juga tentang cara yang disukainya untuk mandi. Namun tentu kita bisa melatihnya sejak dini agar terbiasa mandi keramba.

Salam kerambamania. Semoga bermanfaat

7 komentar:

  1. Balasan
    1. ASSALAMU,ALAIKUM NAMA SAYA (IBU DITA ) TKW DI SINGAPURA
      Maaf sebelumnya jika lewat Tempat ini saya menceritakan kisah hidup saya niat saya hanyalah semata ingin berbagi tapi semua tergantung Anda percaya atau tidak yang jelasnya inilah kenyataan nya…
      Syukur alhamdulillah kini saya bisa menghirup udara segar di indonesia karnah sudah sekian lama saya ingin pulang ke kampung halaman namun tak bisa karna ada hutang yang harus saya bayar di majikan yaitu 275 juta untuk uang indo namun,saya tidak pusing lagi sebab kemaring saya di berikan Info oleh seseorang yang tidak saya kenal,katanya kalau mengalami kesulitan Ekonomi,Terlilit hutang silahkan minta bantuan sama AKI SOLEH PATY di Nomor Telpon (085_244_669_169) di jamin bantuan beliau 100% …
      INILAH JENIS PESUGIHAN BANTUAN DARI AKI SOLEH PATY
      1.PESUGIHAN
      2.TOGEL 2D-3D-4D-5D-6D
      3.DANAH GHAIB
      4.PENGGANDAAN UANG
      5.UANG BALIK
      6.PEMIKAT
      7.PENGLARIS BISNIS (Jualan,Tokoh,warung)
      8.PERLANCAR DALAM BERBAGAI HAL
      Jadi saya beranikan diri menghubungi beliau dan menyampaikan semua masalah saya dan alhamdulillah saya bisa di bantu,kini semua hutang saya sama majikan saya di SINGAPURA semua bisa terlunasi dan punya modal untuk pulang kampung,,,,
      Jadi buat yang pengen seperti saya silahkan Hubungi AKI SOLEH PATY di nomor (085-244-669-169) Anda tidak usah ragu atau hal semacamnya sebab saya dan yang lainnya sudah membuktikan keampuhan bantuan beliau kini giliran Anda trimahkasi atas bantuan nya aki wassalam.

      Hapus
  2. Di kasih keramba malah di minum om

    BalasHapus
  3. Mauntanya om....sebelumnya anis ku gampang banget mandi keramba..tpnskrng susah banget minta solusi nya dong

    BalasHapus