Selasa, 04 November 2014

Cara Perawatan Burung Kicauan

Tak sedikit kicaumania yang masih bingung memperlakukan momongannya. Apalagi yang masih pemula dan awam tentang dunia perburungan. Biasanya beberapa dari mereka adalah "korban" ajakan teman-teman ataupun kepincut dengan dunia perburungan yang juga bisa mencetak rupiah maupun dolar dengan mudah. Hehehehe.

Sebagai pemula juga, saya hanya ingin mencoba membagi pengalaman saya dalam merawat burung kicauan saya dirumah. Ini bisa dikatakan perawatan harian untuk burung kicauan. Karena saya juga hanya sekedar penghobi rumahan yang belum pernah pergi ke arena latberan apalagi lomba.

Sebaiknya keluarkan burung pada pagi hari sekitar pukul 6 pagi atau setelah marahari mulai terbit. Namun jika niatnya untuk pengembunan bisa lebih awal yaitu pukul 04.30 atau 05.00. Buka kerodong burung perlahan ( jika biasa dikerodong ). Gantungkan burung di teras rumah atau di pepohonan. Jika pengeluarannya untuk pengembunan dan di sekitar rumah anda termasuk "rawan" pencurian maka sebisanya tunggui burung anda karena di daerah saya banyak sekali pencurian burung pada saat pengembunan karena situasinya masih agak gelap. Sambil mengembunkan burung bisa diberi satu ekor jangkrik atau setengah sendok teh kroto. Jika memungkinkan putarkan audio natural terapi atau gemercik air untuk membuat burung merasa tenang dan nyaman.

Jika matahari sudah terlihat jelas, maka anda bisa memandikan burung tersebut. Kalo dilihat dari jam sekitar pukul 07.00 pagi. Mandi boleh disemprot halus menggunakan seprayer atau di keramba mandi. Biarkan burung mandi sepuasnya (jika di keramba mandi) namun jangan juga dipaksa jika dia tidak mau mandi.
Berikutnya angin-anginkan burung anda selama 15 menit sambil menunggu bulunya agak kering. Berikan lagi jangkrik, kroto atau pisang sesuai kesukaan burung anda. Jika jenis cucak cucakan usahakan pemberian buah bervariasi agar tidak monoton dan gizinya seimbang.

Tahap selanjutnya adalah penjemuran. Waktu terbaik untuk menjemur burung antara pukul 07.00 sampai pukul 10.00 karena pada waktu itu sinar matahari belum terlalu terik dan sangat berfungsi membatu mengubah pro vitamin D menjadi vitamin D. Penjemuran tergantung karakter burung anda masing masing. Karena tak semua burung tahan dijemur lama. Ada yang hanya tahan 15 menit sudah gelisah tak karuan. Jadi begitu burung anda mengap mengap kepanasan segera angkat dan angin anginkan kembali di tempat yang teduh selama 20 menit.

Burung bisa anda kerodong sambil diperdengarkan suara burung masteran baik melalui mp3 ataupun burung master selama beberapa jam. Jika anda hanya penghobi rumahan burung bisa tidak dikerodong dan dibiarkan berkicau sampai sore hari. Ada juga beberapa kicaumania yang mengumbar burungnya. Namun ini untuk tujuan lomba ataupun terapi. Jika burung dalam kondisi di kerodong buka kerodong pukul 15.30 kemudian angin anginkan sebentar. Burung boleh dimandikan atau juga hanya diangin anginkan saja. Lakukan cara pemandian seperti pada pagi harinya. Setelah itu jemur kembali hingga pukul 17.00. Pada saat penjemuran burung bisa diberikan jangkrik lagi. kerodong burung setelah penjemuran selesai. Ingat setelah penjemuran jangan langsung dikerodong karna akan terjadi perubahan suhu dan cahaya yang sangat signifikan. Angin anginkan burung anda setiap penjemuran ataupun pemandian selesai. Setelah dikerodong pada sore hari biarkan burung istirahat dengan tenang sambil diperdengarkan kembali suara masteran lewat mp3 karena pada sore malam hari burung masteran juga pasti akan tidur. Pemasteran boleh dilakukan hingga pagi hari namun suara mp3 disetel sangat kecil namun tetap jelas agar burung tetap bisa tenang.

Keesokan harinya lakukan hal ini berulang kali setiap hari usahakan waktu penjemuran, pemandian, pemasteran dan extra fooding tetap setiap harinya. Karena kunci burung gacor dan jawara adalah pada konsistensi pola perawatan hariannya.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat

1 komentar:

  1. Extra fooding alternatif pengganti serangga hidup untuk burung. Praktis, lebih higienis, telah teruji kandungan nutrisinya dan terbukti disukai oleh burung

    Klik link dibawah ini untuk detailnya
    Extra fooding alternatif pengganti serangga hidup untuk burung

    BalasHapus