Rabu, 25 Februari 2015

Merawat Burung Cabe Cabe/Kemade Muda Hutan

Burung kemade atau biasa di sebut cabe cabe memiliki ukuran tubuh sebesar burung pleci. Burung inipun biasanya terlihat bersama kawanan burung pleci saat mencari makan. Mungkin karena merasa sama besar jadi rasa sosialnya tinggi ya ? Hehehe.

Jika berkicau burung kemadepun. bisa sekeras burung pleci bahkan terkadang suaranya lebih melengking. Beberapa diantaranya disertai gaya teler seperti anis merah pula meskipun tidak nekuk seperti anis merah tapi ya mirip begitulah. Sebelah dua belas kalo kata orang. Hehehe

Burung cabe cabe memiliki warna yang menarik dan kicauan yang memikat hati.

Merawat burung kemade atau cabe cabe termasuk susah susah gampang. Terutama untuk kemade yang baru ditangkap oleh pemikat atau yang biasa disebut kemade muda hutan.

Burung kemade muda hutan biasanya tidak mau makan pisang secara langsung. Hal ini karena burung kemade sangat rentan stress dan pakan alaminya lebih banyak berupa buah arsen ataupun biji buah pohon benalu serta beberapa serangga serangga kecil. Hal ini saya ketahui karena sayapun seorang mantan pemikat burung termasuk cabe cabe atau kemade.

Beberapa hal penting yang bisa dilakukan untuk "menyelamatkan" cabe cabe atau kemade yang baru saja ditangkap pemikat atau yang baru anda beli di pasar burung dan masih dalam keadaan tangkapan muda hutan antara lain :

1. Menyuapi burung dengan pisang atau pepaya secara langsung.

Hal ini biasa dilakukan oleh tukang pikat ketika baru saja mendapatkan burung kemade hasil tangkapan baik dengan cara dipulut/di lem ataupun dengan cara di jaring. Penyuapan paksa dengan memberikan pisang ini bertujuan agar burung kemade tau rasa pisang.

Penyuapan paksa dengan pisang pun tidak bisa dilakukan sembarangan orang karena salah salah malah burung mati tersedak. Jika anda termasuk orang yang belum pernah melakukan penyuapan pada burung maka mintalah bantuan orang yang sudah ahli. Karena penyuapan paksa berbeda dengan meloloh anakan burung.

Cabe cabe muda hutan cebderung mudah stress lalu ngambek makan.

Penyuapan paksa dilakukan dengan cara membuka mulut burung secara paksa (tapi secara perlahan dan penuh perasaan juga ya) dan memasukkan potongan kecil buah pisang yang sudah mata. Ya seukuran pentolan korak api. Dan jika burung tidak mau menelannya anda bisa memaksanya masuk dengan bantuan lidi. Tentunya lidi yang tidak tajam dan dilakukan dengan perlahan pula. Biasanya penyuapan ketika burung benar benar baru didapatkan dari alam dilakukan tiga kali sehari atau lebih sering.

Mungkin terlihat sangat kejam tapi itulah yang saya dan kawan kawan saya lakukan sebagai pemikat burung. Coba saja ketika baru dapat dari alam liar kemudian anda hanya gantungkan pisang dan serangga apapun jenisnya saya yakin kurang dari 2 x 24 jam burung cabe cabe itu sudah terbang ke surga. Hehehe.

2. Kumpulkan Bersama Cabe Cabe Lain atau Pleci yang Sudah Jinak.


Mengumpulkan burung cabe cabe yang baru di dapat dengan burung cabe cabe lain atau pleci yang sudah jinak sangat membantu "kelangsungan hidup" burung cabe cabe muda hutan. Ini karena cabe cabe muda hutan akan merasa bahwa sangkar bukanlah penjara yang harus di takuti. Ketika cabe cabe atau pleci yang sudah jinak itu makan pisang maka cabe cabe muda hutanpun akan terpancing makan juga.

Hal ini karena cabe cabe juga termasuk burung koloni sama seperti pleci. Meski terkadang membentuk kelompok kelompok kecil terutama ketika sedang masa berkembang biak.

Nah ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika anda ingin mengumpulkan cabe cabe muda hutan dengan cabe cabe lain ataupun pleci yang sudah jinak

Campurkan atau tempelkan dengan burung pleci atau cabe cabe yang sudah jinak.

A. Usahakan cabe cabe atau pleci benar benar jinak karena jika burung masih liar burung cabe cabe muda hutan malah ikut "gedabrak gedubruk" yang bisa menyebabkan cabe cabe muda hutan malah tambah stress. Paruh burungpun rentan terluka dan berdarah.

B. Usahakan juga cabe cabe atau pleci berjenis kelamin betina. Ini karena cabe cabe atau pleci betina biasanya lebih tenang dibandingkan cabe cabe atau pleci jantan yang lebih agresif.

3. Gunakan Sangkar Ukuran Besar.

Usahakan sangkar yang dipakain cukup besar dan banyak tenggeran di dalamnya. Hal ini agar cabe cabe mudah hutan dapat bergerak leluasa dan tidak merasa terkurung dalam sangkar yang terlalu kecil. Sebaiknya gunakan sangkar ukuran lebar x lebar minimal 40cm x 40cm dengan tinggi disesuaikan.

Dengan sangkar yang berukuran cukup besar kitapun lebih mudah menambahkan tenggeran pada sangkar. Anda bisa menempatkan 4 sampai 5 ternggeran. Tentu diatur juga jaraknya agak tidak terlalu rapat.

Cabe cabe merupakan burung yang suka melompat dari ranting satu ke ranting pohon lainnya. Sangat jarang cabe cabe dialam liar terbang dalam jarak jauh. Nah kebiasaan inilah yang kita adopsi agar cabe cabe muda hutan merasa lebih nyaman.

4. Tebarkan Pakan Yang Beragam.
Pakan yang beragam disini ditujukan agar cabe cabe muda hutan bisa memilih makanan kesukaannya. Selain pisang anda bis memberikan buah arsen, pepaya, maupun buah buah lainnya yang banyak tersedia di alam liar. Maaf saya tidak bisa menyebutkannya bukan karena sombong lho tapi bahasa indonesianya saya tidak tau. Nanti salah sebut malah anda salah kaprah. Kan berabe kalo yang anda berikan malah buah beracun. Hehhee. Amit amitt......

Menyediakan beragam pakan bisa "menolong" cabe cabe  muda hutan, diantaranya buah arsen.

Andapun bisa menebarkan ulat ulat kecil ataupun kroto. Anda bisa menempatkannya di wadah kecil dan sebagian ditebarkan di dasar kandang. Begitu pula untuk pisang dan buah bushan lainnya. Anda bisa menggantungkannya sebagian lagi anda letakkan di dasar sangkar. Ingat dasar sangkar harus bersih.

5. Tempatkan Pada Pohon yang Rindang.

Penempatan cabe cabe muda hutan juga penting. Misalnya dengan menempatkannya pada pohon yang rindang. Ini bisa membantunya beradaptasi dan tidak terlalu memikirkan tentang keadaannya yang di dalam "penjara". Jadi dia menganggap dirinya tetap pada tempat yang nyaman.

Jika tidak ada pohon rindah di tempat anda maka anda bisa menempatkannya di temlat yang sepi dan tenang. Sebaiknya jauhkan juga dari burung seperti cendet, engkek geling, cililin, maupun burung burung lainnya. Hal ini agar burung tidak merasa tertekan

Menempatkan cabe cabe muda hutan sebaiknya di tempat yang sejuk meskipun tidak sesejuk foto diatas. Hehehe.




Nah itulah beberapa tips yang bisa saya bagikan untuk para pemula dan pembaca setia madekicau.

Sebaiknya juga kelima tips ini anda lakukan sekaligus. Karena sebenarnya tiap tahapan merupakan satu kesatuan. Ini merupakan pengalaman saya bersama teman teman sebagai para pemikat burung. Jadi jika anda yang menurut anda aneh dan tidak lazim tapi begitulah adanya. Intinya membuat burung nyaman dan merasa aman.

Jika ada yang memiliki tips dan pengalaman lain saya akan sangat berterimakasih jika anda mau membagikannya disini untuk refrensi kita bersama.

Salam cabe cabe. Salam Kicaumania. Semoga bermanfaat.

7 komentar:

  1. Balasan
    1. aslamu alaikum wr wb..
      bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis
      dan berbagi kepada teman2 melalui komentar ini,
      sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
      dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
      namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
      hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
      akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta ,
      saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sememtarah kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
      demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
      ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
      dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
      dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan MBAH SAROH hidupnya kembali sukses,
      awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
      dan melihat langsung hasilnya, `
      saya akhirnya bergabung dan menghubungi MBAH SAROH di no 0852 1837 8558
      semua petunjuk MBAH SAROH saya ikuti dan hanya 3 hari astagfirullahallazim,
      alhamdulilah demi allah dan anak saya,
      akhirnya 5m yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
      semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
      kini saya kembali sukses terimaksih MBAH SAROH saya tidak akan melupakan jasa aki.
      jika teman teman berminat, yakin dan percaya insya allah,
      saya sudah buktikan demi allah silahkan hub MBAH SAROH di no 0852 1837 8558

      PROGRAM PESUGIHAN INSTAN 10 MILYAR
      Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :
      Mempunyai Hutang banyak
      Ingin membuka usaha dengan Modal banyak
      Syarat :
      • Usia Minimal 21 Tahun
      • Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
      • Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
      • Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
      • Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda
      • Bisa dibantu jarak jauh
      Proses :
      • Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
      • Harus siap mental lahir dan batin
      • Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
      • Pada malam hari tidak boleh tidur
      Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :
      • Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
      • Ayam cemani : 2jt
      • Minyak Songolangit : 2jt
      • bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt
      Prosedur Daftar Ritual ini :
      • Kirim Foto anda
      • Kirim Data sesuai KTP
      Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR
      Kirim ke:
      Sms: 0852 1837 8558
      SMS Anda akan Kami balas secepatnya

      Maaf Program ini TERBATAS hanya untuk 10 Orang saja.

      Hapus
  2. biyarr jinak gimana yah???
    susahh euy

    BalasHapus
  3. Burung ini kagak makan kroto,,, lo coba aja

    BalasHapus
  4. ASSALAMU,ALAIKUM NAMA SAYA (IBU DITA ) TKW DI SINGAPURA
    Maaf sebelumnya jika lewat Tempat ini saya menceritakan kisah hidup saya niat saya hanyalah semata ingin berbagi tapi semua tergantung Anda percaya atau tidak yang jelasnya inilah kenyataan nya…
    Syukur alhamdulillah kini saya bisa menghirup udara segar di indonesia karnah sudah sekian lama saya ingin pulang ke kampung halaman namun tak bisa karna ada hutang yang harus saya bayar di majikan yaitu 275 juta untuk uang indo namun,saya tidak pusing lagi sebab kemaring saya di berikan Info oleh seseorang yang tidak saya kenal,katanya kalau mengalami kesulitan Ekonomi,Terlilit hutang silahkan minta bantuan sama AKI SOLEH PATY di Nomor Telpon (085_244_669_169) di jamin bantuan beliau 100% …
    INILAH JENIS PESUGIHAN BANTUAN DARI AKI SOLEH PATY
    1.PESUGIHAN
    2.TOGEL 2D-3D-4D-5D-6D
    3.DANAH GHAIB
    4.PENGGANDAAN UANG
    5.UANG BALIK
    6.PEMIKAT
    7.PENGLARIS BISNIS (Jualan,Tokoh,warung)
    8.PERLANCAR DALAM BERBAGAI HAL
    Jadi saya beranikan diri menghubungi beliau dan menyampaikan semua masalah saya dan alhamdulillah saya bisa di bantu,kini semua hutang saya sama majikan saya di SINGAPURA semua bisa terlunasi dan punya modal untuk pulang kampung,,,,
    Jadi buat yang pengen seperti saya silahkan Hubungi AKI SOLEH PATY di nomor (085-244-669-169) Anda tidak usah ragu atau hal semacamnya sebab saya dan yang lainnya sudah membuktikan keampuhan bantuan beliau kini giliran Anda trimahkasi atas bantuan nya aki wassalam.

    BalasHapus
  5. WOW Keren nie artikelnya
    Sambil baca artikel ini, Aku numpang promosi deh !

    HANYA DI KENARI POKER BANYAK BONUSNYA BOSSKU
    Bonus Welcome Untuk New Member:
    - Bagi deposit Rp.10,000 - Rp.14,999 Bonus Rp.5.000
    - Bagi deposit Rp.15,000 - Rp.24,999 Bonus Rp.10.000
    - Bagi deposit Rp.25,000 - Rp.49,999 Bonus Rp.15.000
    - Bagi deposit Rp.50,000 - Rp.99,999 Bonus Rp.20.000
    - Bagi deposit Rp.100,000 ke atas Bonus Rp.25.000
    - Bonus next deposit 5% untuk deposit Rp.50.000
    REAL PLAYER VS PLAYER !!!

    BalasHapus
  6. SELAMAT DATANG DI BSO88

    DI SITUS BSO88 DI JAMIN MEMBERIKAN KEMENANGAN BESAR
    Modal Receh Jadi Sultan
    Deposit Pulsa Tanpa Potongan
    Menang Berapapun Pasti Di Bayar
    Menerima Deposit Via Apapun
    Bonus Deposit Harian 10%
    Bonus New Member , Cashback , Rollingan Dan Masih Banyak
    Winrate Slot 95%
    BONUS POKER , BOLA ,CASINO , TOGEL
    LINK >> Slot gacor

    BalasHapus