Senin, 16 Februari 2015

Tips Merawat Indukan Kenari Agar Cepat dan Rajin Beproduksi/Beranak

Artikel kali ini sebenarnya merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul Tips Persiapan Awal Beternak Burung Kenari. Yang coba saya tuliskan kali ini merupakan perawatan yang saya berikan kepada indukan indukan kenari saya dirumah plus beberapa tips dari senior senior yang pernah saya "minta" ilmunya baik secara langsung maupun tidak langsung.

Nah, coba disimak ya....

1. Soal pakan utama.


Pakan utama yang bisa kita berikan adalah canary seed baik yang dalam bentuk kemasan yang biasanya sudah dicampur berbagai biji bijian lainnya maupun yang hanya terdiri dari canary seed saja. Ataupun dengan mencampur pakan kemasan dengan canary seed lagi (1 bungkus pakan kemasan dicampur dengan 1 kilo canary seed polos tanpa campuran). Karena yang saya amati kenari lebih cenderung suka memakan canary seed nya saja. Jikapun dia memakan biji bijian lainnya biasanya hanya beberapa butir saja kebanyakan dibuka saja kemudian dibuang. Ini yang saya amati pada pasangan indukan kenari maupun kenari saya yang lainnya.


Sebagian besar kenari lebih doyan kenari seed saja dibanding biji bijian lainnya.

 
Jadi mungkin berbeda dari kebiasaan kenari yang anda miliki. Jika kenari anda mau melahap semua campuran biji bijian pada pakan kemasan kenari ya anda bisa memberikan pakan kemasan saja tanpa perlu repot repot mencampurnya dengan tambahan canary seed polos lagi. Intinya adalah bagaimana memberikan pakan kesukaan kenari anda.

2. Pakan Tambahan (EF).

Pakan tambahan untuk indukan kenari sebaiknya berupa sayuran dan buah buahan yang beragam. Misalnya hari ini diberikan sawi putih kemudian sawi hijau, apel (jika kurang birahj), mentimun (jika over birahi), daun mengkudu, maupun sayuran atau buah lainnya. Dan pemberiannya sebaiknya diselang seling agar burung tidak merasa bosan dan gizi makanannyapun beragam.

Sesekali anda bisa memberikan telur rebus baik berupa telur puyuh, telur ayam maupun telur bebek tergantung kebiasaan dan ketersediaannya. Asal jangan memberikan telur burung unta karena selain terlalu besar telur burung unta juga tidak dijual dipasaran. Hehehe.

Semakin bervariasi makanan tambahan yang diberikan semakin baik, tentu secara tepat dan terukur juga.

Pemberian telur sebaiknya tidak terlalu sering karena telur bisa membuat burung cepat gemuk. Idealnya seminggu sekali atau dua kali. Tapi untuk indukan yang bawa anak telur sebaiknya tetep tersedia setiap saat. Ingat juga ganti telur setiap harinya karena telur rebus yang sudah dibuka akan cepat berbau tidak sedap/busuk. Sayurpun sebaiknya diganti setiap hari.

Kitapun bisa memanfaatkan kerambang/cangkang/kulit telur yang telah kita berikan isinya kepada kenari. Cangkang telur ditumbuk halus dan disangrai atau di masukkan ke dalam oven sekitar 5 sampai 10 menit. Tapi jangan sampai gosong. Kulit telur sangat bagus sebagai sumber kalsium untuk indukan kenari. Bisa menjadi pengganti asinan. Asinan pun bisa diganti dengan bata merah. Tentunya bata merah yang masih baru. Bukannya yang sudah pernah dipakai untuk tembok.

3. Air Minum.


Sama seperti manusia air pun menjadi kebutuhan penting dalam kelangsungan hidup pasangan kenari kita. Usahakan memberi air minum yang layak minum. Jika memungkinkan berikan air yang sudah anda masak (sampai mendidih kemudian dibiarkan sampai pada suhu normal) sebelumnya atau air dalam kemasan. Apa gak mahal ? Memangnya pasangan kenari anda minumnya berapa gelas ? Hehehe.
Air minnum yang layak minum akan membantu kenari tetap sehatdan prima.

Jika anda biasa memberikan air keran/ledeng usahakan pH air nya tidak terlalu asam juga tidak terlalu basa. Hal ini mungkin kelihatan sepele. Toh cuma burung dialam juga biasanya minum air hujan. Eitttss. Tunggu dulu, siapa bilang burung di alam minum air hujan ? Malah burung di alam mungkin minum air yang lebih sehat daripada yang kita berikan. Kok bisa ? Ya burung dialam punya pilihan ingin minum air yang mana. Sedangkan 0yang di dalam sangkar hanya pasrah bongkokan menerima apapun yang diberikan oleh pemilik ataupun perawatnya.

4. Mandi dan Jemur.


Bukan hanya burung lomba yang butuh mandi dan sinar matahari (terutama sinar matahri pagi) tapi burung penangkaranpun juga. Jika anda menangkarkan burung kenari di luar ruangan atau outdoor dan terkena sinar matahari langsung tentunya anda tidak perlu repot repot menjemurnya. Tapi yang menagkarkan burung kenari indoor atau di dalam ruangan sebaiknya kenari kenari tersebut dijemur sekitar 30 menit setiap harinya. Penjemuran selain membuat burung terlihat lebih segar dan bersemangat menjemur burung kenari juga membantunya lebih cepat birahi. Berikan juga bak mandi kecil ke dalam sangkar burung kenari. Hal ini bertujuan agar kenari mau mandi dengan sendirinya. Sebaiknya tidak memandikan kenari dengan sprayer karena kenari cenderung sensitif dengan suhu ataupun udara yang dingin. Rata rata kenari akan mandi jika sambil dijemur diberikan bak mandi kecil. Sekalian hemat waktu dan tenaga juga. Hehehe.

Jika anda menggunakan sistem monogami dan pasangan kenari selalu berada di dalam kandang yang sama anda bisa langsung menjemurnya. Dan jika memiliki beberapa pasang kenari sebaiknya pasangan satu dengan pasangan yang lainnya tidak saling lihat. Hal ini bertujuan agar tiap kenari fokus terhadap pasangannya masing masing.

Mandi jemur juga kebutuhan inti pasangan kenari sebelum produksi. Kalau mengeram ya jangan. Hehehe.

Jika anda menggunakan sistem kawin cabut yaitu betina hanya sendirian di dalam kandang ternak dan pejantan hanya dimasukkan ketika induk betina menjelang bertelur sebaiknya pejantan tidak melihat betinanya juga sebaliknya. Pun sesama induk jantan dan sesama induk betina sebaiknya tidak saling melihat. Hanya mendengar suaranya saja tidak masalah. Hal ini bertujuan agar birahi induk jantan maupun betina sama sama terpacu karena penasaran hanya bisa mendengar suara lawan jenisnya tanpa melihatnya langsung.

Jika sesama pejantan dipertemukan sepanjang hari para pejantan tentunya akan membuang energinya secara percuma. Malah dalam beberapa kasus salah satu atau semuanya malah menjadi drop. Baik secara fisik maupun psikis.

5. Kersihan kandang.

Kebersihan kandang juga harus anda perhatikan. Sisa sisa makanan dan kotoran burung sangat mudah untuk menjadi tempat bersarangnya berbagai macam bakteri dan kuman. Bakteri dan kuman tersebut bisa saja menjangkiti pasangan kenari. Burung yang tidak sehat sangat susah untuk berproduksi. Tiap berproduksi akan selalu ada saja masalah. Contohnya ketika indukan tidak mau mengerami telur karena kemungkinan bahan sarangnya banyak ditempati kutu ataupun tungau. Atau ketika indukan kenari mencabuti bulunya sendiri sampai botak juga bisa saja akibat kandang yang tidak bersih.

Kebersihan kandang adalah hal wajib yang harus dipenuhi.

Sebaiknya anda membersihkan kandang setiap hari. Entah di pagi atau sore hari itu sama saja. Tapi jika pagi sore selalu dibersihkan ya jauh lebih baik. Apalagi kenari merupakan burung pemakan biji bijian jadi akan ada banyak kulit dari biji bijian tersebut yang berserakan. Jadi akan sangat penting anda rajin membersihkan kandang maupun sekitaran kandang. Burung yang bersih kandangnya saja masih bisa sakit apalagi yang kotor ? Hehehe.

6. Lampu penghangat.



Lampu ini biasanya berupa bolam lampu 5 watt. Pemberian lampu juga bertujuan membantu pasangan dan anakan kenari tetap hangat pada memasuki musim hujan. Sedangkan pada musim panas lampu penghangat bisa sedikit diabaikan. Rata rata indukan kenari yang mengerami telur dan merawat anakan diberikan lampu penghangat diatas kandang atau di depan kandang. Sebaiknya lampu penghangat agak jauh dari tempat sarang. Hal ini untuk mencegah anakan kenari kepanasan.

Jika indukan kenari merasa terlalu panas ketika mengerami telur atau ketika mengasuh anakan biasanya dia meninggalkan sarang sejenak ataupun mengangkat badannya dari sarang agar hawanya tidak terlalu panas. Dalam beberapa kasus indukan kenari juga mandi di dalam cepuk air minumnya ketika hawanya terlalu panas. Jadi pemberian lampu penghangat bisa disesuaikan juga dengan kondisi cuaca dan suhu di daerah anda karena setiap daerah memiliki suhu dan iklim yang berbeda beda.

Lampu penghangat sangat membantu dalam penangkaran burung kenari terutama ketika punya anak.

7. Berikan Kenyamanan dan Ketenangan.


Yang tak kalah pentingnya adalah memberikan kenyamanan kepada pasangan kenari anda. Jangan terlalu sering melihat lihatnya. Bayangkan sendiri kalau anda sedang berduaan dengan pasangan anda tentu serba salah bukan ? Hehehe.

Ketenangan yang lainnya adalah jangan menempatkan pasangan kenari di tempat yang terlalu banyak burung lain jenis. Terutama burung yang bersuara keras seperti cendet, engkek geling dan sejenisnya. Karena hal ini dapat membuat pasangan burung kenari merasa tertekan. Tetapi jika dari kecil sudah satu komplotan dengan burung burung tersebut mungkin tidak masalah. Ibaratkan sudah satu genk. Hehehe.
Keberhasilan dalam penangkaran kenari maupun penangkaran burung jenis lainnya tergantung pada kesabaran dan keuletan kita masing masing. Tiap masalah tentu ada jalan keluarnya. Tetap berusaha melakukan yang terbaik dan sabar dalam menjalani setiap kesulitan yang mungkin kita hadapi dalam penangkaran kenari adalah sesuatu yang "wajib" jika kita ingin menjadi penangkar kenari yang sukses. Tentunya selalu mau belajar dan belajar juga  tidak malu bertanya secara langsung maupun tidak langsung (seperti membaca artikel tentang kenari) kepada senior yang lebih berpengalaman pada bidang bidang penangkaran kenari akan sangat membantu kita untuk sukses.

Untuk berproduksi pasangan kenari perlu ketenangan dan kenyamanan. Kalau mau berhasil gini ya harur sabar. Hehehe.

Tidak lupa hal yang juga tak kalah pentingnya adalah berdoa kepada Nya karena tanpa Nya kita bukanlah apa apa. Jika niat kita baik maka pasti akan ditunjukan jalan menuju kesuksesan meskipun dengan cara yang berbeda beda.

Tetap semangat para penangkar pemula (termasuk saya sendiri tentunya. Hehehe). Bagi para senior monggo berbagi disini ya.

Salam penangkar pemula. Salam kenarimania. Semoga bermanfaat.

8 komentar:

  1. Pakan tambahan tinggi protein untuk kenari. Higienis, mudah dicerna dan telah teruji kandungan nutrisinya

    Klik link dibawah ini untuk detailnya
    Pakan tambahan tinggi protein untuk kenari

    BalasHapus
    Balasan
    1. aslamu alaikum wr wb..
      bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis
      dan berbagi kepada teman2 melalui komentar ini,
      sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
      dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
      namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
      hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
      akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta ,
      saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sememtarah kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
      demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
      ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
      dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
      dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan MBAH SAROH hidupnya kembali sukses,
      awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
      dan melihat langsung hasilnya, `
      saya akhirnya bergabung dan menghubungi MBAH SAROH di no 0852 1837 8558
      semua petunjuk MBAH SAROH saya ikuti dan hanya 3 hari astagfirullahallazim,
      alhamdulilah demi allah dan anak saya,
      akhirnya 5m yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
      semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
      kini saya kembali sukses terimaksih MBAH SAROH saya tidak akan melupakan jasa aki.
      jika teman teman berminat, yakin dan percaya insya allah,
      saya sudah buktikan demi allah silahkan hub MBAH SAROH di no 0852 1837 8558

      PROGRAM PESUGIHAN INSTAN 10 MILYAR
      Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :
      Mempunyai Hutang banyak
      Ingin membuka usaha dengan Modal banyak
      Syarat :
      • Usia Minimal 21 Tahun
      • Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
      • Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
      • Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
      • Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda
      • Bisa dibantu jarak jauh
      Proses :
      • Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
      • Harus siap mental lahir dan batin
      • Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
      • Pada malam hari tidak boleh tidur
      Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :
      • Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
      • Ayam cemani : 2jt
      • Minyak Songolangit : 2jt
      • bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt
      Prosedur Daftar Ritual ini :
      • Kirim Foto anda
      • Kirim Data sesuai KTP
      Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR
      Kirim ke:
      Sms: 0852 1837 8558
      SMS Anda akan Kami balas secepatnya

      Maaf Program ini TERBATAS hanya untuk 10 Orang saja.

      Hapus
    2. SAYA ATAS NAMA PAK BOKIR MEGUCAPKAN BANYAK TRMH KSH KPD KI NUGROHO KRN ANGKA YG D’BRKAN 4D/[1844] BNR2 TMBS 100% DAN SYA SDH BSA BKA USHA KECIL2LAN BRKT BNTUAN KI NUGROHO JKA ANDA INGIN SPRTI SY HBG KI NUGROHO DI NO_:( _082=319=208=865= BLA INGIN MGBH NSIB TRMH





      SAYA ATAS NAMA PAK BOKIR MEGUCAPKAN BANYAK TRMH KSH KPD KI NUGROHO KRN ANGKA YG D’BRKAN 4D/[1844] BNR2 TMBS 100% DAN SYA SDH BSA BKA USHA KECIL2LAN BRKT BNTUAN KI NUGROHO JKA ANDA INGIN SPRTI SY HBG KI NUGROHO DI NO_:( _082=319=208=865= BLA INGIN MGBH NSIB TRMH

      Hapus
  2. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    BalasHapus
  3. ASSALAMU,ALAIKUM NAMA SAYA (IBU DITA ) TKW DI SINGAPURA
    Maaf sebelumnya jika lewat Tempat ini saya menceritakan kisah hidup saya niat saya hanyalah semata ingin berbagi tapi semua tergantung Anda percaya atau tidak yang jelasnya inilah kenyataan nya…
    Syukur alhamdulillah kini saya bisa menghirup udara segar di indonesia karnah sudah sekian lama saya ingin pulang ke kampung halaman namun tak bisa karna ada hutang yang harus saya bayar di majikan yaitu 275 juta untuk uang indo namun,saya tidak pusing lagi sebab kemaring saya di berikan Info oleh seseorang yang tidak saya kenal,katanya kalau mengalami kesulitan Ekonomi,Terlilit hutang silahkan minta bantuan sama AKI SOLEH PATY di Nomor Telpon (085_244_669_169) di jamin bantuan beliau 100% …
    INILAH JENIS PESUGIHAN BANTUAN DARI AKI SOLEH PATY
    1.PESUGIHAN
    2.TOGEL 2D-3D-4D-5D-6D
    3.DANAH GHAIB
    4.PENGGANDAAN UANG
    5.UANG BALIK
    6.PEMIKAT
    7.PENGLARIS BISNIS (Jualan,Tokoh,warung)
    8.PERLANCAR DALAM BERBAGAI HAL
    Jadi saya beranikan diri menghubungi beliau dan menyampaikan semua masalah saya dan alhamdulillah saya bisa di bantu,kini semua hutang saya sama majikan saya di SINGAPURA semua bisa terlunasi dan punya modal untuk pulang kampung,,,,
    Jadi buat yang pengen seperti saya silahkan Hubungi AKI SOLEH PATY di nomor (085-244-669-169) Anda tidak usah ragu atau hal semacamnya sebab saya dan yang lainnya sudah membuktikan keampuhan bantuan beliau kini giliran Anda trimahkasi atas bantuan nya aki wassalam.

    BalasHapus
  4. Terimakasih banyak AKI karna melalui jalan togel ini saya sekarang sudah bisa melunasi semua hutang2 orang tua saya bahkan saya juga sudah punya warung makan sendiri hi itu semua berkat bantuan AKI JAYA yang telah membarikan angka 4D nya kepada saya dan ALHAMDULILLAH berhasil,kini saya sangat bangga pada diri saya sendiri karna melalui jalan togel ini saya sudah bisa membahagiakan orang tua saya..jika anda ingin sukses seperti saya hubungi no hp O85-244-015-689 AKI JAYA,angka ritual AKI JAYA meman selalu tepat dan terbukti..silahkan anda buktikan sendiri. 2D 3D 4D 5D 6D

    BalasHapus
  5. bagus artikelnya, caranya membuat kenari yang macet untuk gacor lagi bagaimana?

    BalasHapus